Saturday, April 3, 2021

Cara transfer File dari HP ke Laptop dengan Wifi

Ada banyak sekali cara memindahkan/ transfer/ copy file dari HP kita pada perangkat komputer/ laptop kita. Cara yang paling umum adalah menggunakan kabel. Dengan cara ini maka persyaratan utama ya harus ada kabel yang mampu memindahkan / membaca data pada HP/ Gadget kita, namun kadang kta sering mendapatkan kabel kita tiba-tiba sudah tidak bisa membaca data dari HP/ Smartphone kita namun hanya bisa untuk mengisi daya (charge) saja.

Cara selanjutnya yang umum adalah dengan menggunakan bluetooth. Cara ini bisa juga diandalkan sebagai mekanisme PAN (Private Area Network) namun kelemahannya selain jarak yang memang harus relatif dekat, terkadang juga perangkat PC tidak menyediakan koneksi bluetooth ataupun terkadang fitur bluetooth baik di laptop/ PC maupun di HP/ gadget/ smartphone tidak berfungsi dengan baik.

Bila kedua hal biasa tersebut tidak dapat kita lakukan, padahal kita sedang memerlukan transfer file dari HP/Gadget/ Smartphone Android (kebanyakan HP sekarang) pada PC/ Laptop kita, kita bisa menggunakan cara yang ketiga yakni transfer File dari HP ke Laptop/ PC melalui jaringan wifi. Bagaimana cara itu bisa dilakukan? berikut ini penjelasannya

Persyaratan agar bisa trasfer file dari android HP ke Laptop adalah kedua perangkat itu berada pada jaringan wifi yang sama (dimana sekarang sangat banyak sekali wifi di sekitar kita) bahkan bisa pula dari jaringan tethering dari hp lain. Dan syarat yang kedua adalah HP androit tersebut memiliki fitur FTP server.
Berikut gambaran topologi sederhana sambungan smartphone dan laptop dalam jaringan wifi yang sama (dan kami juga cukup yakin bisa juga diimplementasikan dalam jaringan yang lebih komplek namun tetap dalam lingkup jaringan yang sama, misal smartphone tersambung pada wifi di ruang A dan it bisa diakses dari PC di ruangan B dengan sambungan kabel misal yang dimana ruang A dan B masih dalam LAN (Local Area Network) yang sama)

Untuk fitur FTP server sendiri mungkin berbeda-beda untuk setiap smartphone. Pada HP jadul kami, xiami redmi 2 dengan android 4.4 nya pada menu berkas saya (semacam file explorernya android) di bagian bawah ada tombol/ menu FTP seperti ditunjukkan pada gambar di bawah.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini yang artinya kita bisa memulai server FTP pada smartphone kita, klik mulai server (gambar di bawah)
Maka setelah itu akan tampil bahwa servis FTP telah nyala di smartphone kita dan disitu akan terlihat alamat FTP server yang tentu saja akan bisa diakses dari PC maupun laptop pada jaringan yang sama, seperti gambar di bawah, maka akses FTP server pada alamat ftp://192.168.43.52:2121 (bisa dibaca protokol ftp pada alamat ip 192.168.43.52 dengan port 2121)
Setelah itu pada laptop/ pc kita kalaupun kita tidak/ belum memiliki software FTP Client, kita bisa memanfaatkan file explore dengan mengetikkan protokol, alamat, dan port tadi pada bagian address bar windows explorer seperti pada gambar di bawah.
Lalu misal kita bisa mengekspore file2 pada smartphone dengan windows eksplore tersebut seperti halnya kita mengakses file pada PC lokal kita seperti ditunjukkan pada gambar berikut.
Kita juga bisa melakukan copy file yang ada pada smartphone kita seperti gambar di bawah ini.
Lalu dengan mudahnya kita paste pada folder PC/ Laptop kita seperti gambar berikut ini
Dan seperti inilah proses tranfer file terjadi dari HP ke Laptop dengan Wifi yang memanfaatkan fitur FTP pada smartphone.
Mudah bukan cara transfer file dari HP ke Laptop dengan Wifi ini? semoga tips ini bermanfaat, mengingat sudah lama sekali kami tidak menulis tips pada blog ini, dan jangan lupa setelah selesai melakukan transfer file dari HP ke Laptop dengan Wifi, hentikan FTP server dengan klik hentikan server pada smartphone seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


No comments:

Post a Comment