Tuesday, April 7, 2020

Beda OMSPAN dan MONSAKTI (sebuah dugaan)

Entah mulai kapan menu monsakti bisa kita akses. Dulu menu ini sudah pernah ada di awal tahun 2020 ini, namun waktu itu kami tidak bisa menampilkan apa isi menu monsakti tersebut. Jadi bila anda masuk omspan, terutama versi 2020, yang kini ketika login tidak perlu memilih tahun seperti pada tahun 2017, 2018, dan 2019, namun setelah kita login kita bisa membuka data tahun-tahun tersebut selain tahun 2020 juga. Nah bila kita lihat disamping lambag omspan pada gambar di bawah ada menu berupa 9 kotak hitam (panah merah)
Bila kita klik menu tersebut maka akan muncul pilihan monsakti, monevpa (ini untuk melihat nilai IKPA, di 2 tahun terakhir sudah biasa kita lihat) dan juga hai-cso. (seperti gambar di bawah)

Entah mulai kapan (bisa saja memang mulai hari ini karena kemarin sore ada maintenance) monsakti sudah bisa kita akses. Di sini bisa kita lihat apa beda data omspan dan data monsakti.

Terutama dalam data anggaran (karena memang aplikasi sakti untuk satker masih hanya untuk penganggaran saja) maka kami akan membandingkan data anggaran pada omspan dan monsakti. Kebetulan kami punya satker dengan kasus yang bisa diperbandingkan antara data omspan dengan monsakti, yakni kasus revisi POK wewenang KPA penambahan akun baru yang sudah kita revisi pada SAKTI dan kita kirim ke SAS bahkan sudah dibelanjakan dan jadi SP2D, namun revisi tersebut belum terbawa pada satudja karena usul revisi sedang dibatasi untuk penangan wabah kali ini.

Berikut tampilan pagu akun 524111 pada satker kami hasil revisi POK yang sudah dibelanjakan, yang menimbulkan nilai minus (dan berpengaruh pada IKPA juga ternyata bila kita lihat pada monevpa). Disitu terlihat tidak ada pagu namun ada realisasi.
Sementara di monsakti, sudah terlihat hasil revisi yang dilakukan satker seperti pada gambar di bawah, hanya saja karena sakti sementara ini hanya modul penganggaran, belum modul belanja, maka data belanja (realisasi) pada monsakti tidak ada (belum ada) namun revisi POK yang kita lakukan pada SAKTI muncul di MONSAKTI
Dugaan kami, nanti bilamana SAKTI sudah berjalan sampai tingkat belanja, maka data omspan tidak akan digunakan namun digantikan dengan monsakti ini ^_^

update 9 April 2020
ternyata diumumkan bisa dibuka 19 Maret 2020 yang lalu ^_^

No comments:

Post a Comment