Sunday, January 19, 2020

Masalah saldo tidak normal

Bulan Januari seperti ini merupakan bulan awal penyusunan laporan keuangan satker. Dimana salah satu komponen untuk memperbaiki laporan keuangan satker adalah masalah saldo tidak normal. Ternyata masalah seperti ini masih relevan sampai sekarang. Meskipun sudah pernah kami tulis 4 tahun yang lalu, namun dalam Minggu ini ternyata postingan tersebut cukup banyak dikunjungi.

Dalam postingan masalah saldo  tidak normal 4 tahun lalu tersebut dalam Minggu ini yang banyak dikunjungi terutama pada tanggal 16 Januari kemarin sampai 27 pembaca. Masalah saldo tidak normal tersebut pada aplikasi e-rekon 2019 kali ini ada pada menu daftar dibawah neraca tidak balance.

Seperti terlihat pada gambar di samping. Dalam menu tersebut dapat kita ketahui ada tidaknya saldo tidak normal. Namun tidak semua saldo tidak normal merupakan masalah bila kita dapat menjelaskan kenormalan saldo tersebut, misalnya dalam hal perolehan hibah yang pertanggungjawabannya multiyear maka akan ada saldo akun tidak normal karena belum di-SP2HL kan. Namun saldo tidak normal tersebut menurut pengalaman kami kebanyakan (meskipun tidak semua) kasus dikarenakan tidak samanya posisi neraca awal satker dengan neraca awal e-rekon yang bisa jadi karena proses penyusunan laporan keuangan tahun sebelumnya. Jadi pastikan neraca awal kedua sistem tersebut bernilai sama. Coba baca tulisan kami 4 tahun yang lalu tersebut.

No comments:

Post a Comment