Friday, January 18, 2019

Aplikasi antrian untuk layanan PTSP

Sedikit melengkapi kebutuhan akan aplikasi pendukung PTSP pada kantor kami yg belum genap setahun, kemarin Jumat 18 Januari 2019 kami mencoba mencari aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengatur antrian. Coba sana-sini dan akhirnya pilihan jatuh pada JLToken yang bisa anda dapat di situsnya https://jltoken.justlabtech.com. Aplikasi yang dibangun dengan ralavel ini ternyata cukup bagus untuk mengatur antrian pada layanan PTSP yang akhir-akhir ini sedang dibangun di berbagai tingkat layanan pada Kementerian Agama tempat kami bertugas.


Yang dibutuhkan dalam aplikasi ini adalah minimal 3 PC yang terhubung dengan jaringan dan internet (karena suara pemanggil mengambil data google, bila tanpa internet perlu membuat source voice sendiri) dan salah satunya dijadikan server web (semisal XAMPP) karena aplikasi ini web base.


Gambaran aplikasi ini, bisa jadi aplikasi dipasang pada PC loket atau bahkan pada server khusus (artinya perlu 4 PC) lalu 1 PC digunakan untuk menampilkan antrian yang juga diperlukan output suara (perlu speaker) bisa dipasang di samping atau di atas loket agar dapat terlihat/ terdengar penerima layanan, sementara yg 1 PC digunakan sebagai pengambil nomer antrian (bisa ditaruh dekat pintu PTSP) dan untuk PC yang ini perlu dilengkapi semacam printer kasir untuk mencetak nomer antrian.


Nah, pada menu tingkat admin, kita dapat memanfaatkan statistik antrian untuk melihat data layanan, baik layanan terbanyak maupun layanan yang tercepat misal. Mari silahkan dicoba bersama (sebelum ada software standard antrian dari kementerian).

No comments:

Post a Comment